Kerjasama Pemerintah Daerah dalam Industri Esports untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Bakat Indonesia

Kerjasama Pemerintah Daerah dalam Industri Esports untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Bakat Indonesia

GARUT (R9) – Pemerintah daerah di Indonesia semakin menyadari potensi dan manfaat yang dapat dihasilkan dari industri esports. Melalui kerjasama yang erat dengan stakeholder terkait, pemerintah daerah kini berupaya untuk mendorong pertumbuhan industri game ini sebagai salah satu sektor yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal serta pengembangan bakat-bakat Indonesia.

Salah satu contoh kerjasama yang terlihat adalah antara Pemerintah Kabupaten Garut dan R9 Esports Indonesia. Melalui program “GETZ”, Pemerintah Kabupaten Garut bekerja sama dengan R9 esports menyelenggarakan sosialisasi tentang esports di kota tersebut. Herman, S.Kom Kepala Bidang Aplikasi Informatika Kabupaten Garut, mengungkapkan, “Kerjasama dengan komunitas esports merupakan langkah strategis untuk mengembangkan industri game di Garut. Kami melihat potensi ekonomi yang besar dalam industri ini, serta kesempatan untuk mengangkat bakat-bakat lokal dalam dunia esports,”

Herman juga mengatakan, kerjasama ini juga akan mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif di Garut. Melalui program “GETZ Tourism”, R9 Esports Indonesia akan mengeksplore potensi dan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Garut.

“Kami melihat esports sebagai salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata Garut serta mengembangkan potensi ekonomi kreatif di daerah ini. Kerjasama dengan R9 Esports dan komunitasnya merupakan langkah inovatif kami dalam mencapai tujuan tersebut,” lanjutnya.

Selain mendorong pertumbuhan ekonomi, kerjasama pemerintah daerah dalam industri esports juga bertujuan untuk mengembangkan bakat-bakat Indonesia di bidang ini. Melalui program “GETZ Education”, R9 Esports dan pemerintah daerah tidak hanya membina in game saja, melainkan juga mengidentifikasi dan mendukung potensi paragamers di bidang lainnya.

“Kerjasama antara pemerintah daerah dengan R9 Esports sangat penting dalam mengembangkan bakat-bakat Indonesia. Melalui program pelatihan dan pembinaan, kami berharap dapat menciptakan pemain esports Indonesia yang berkualitas dan dapat bersaing di tingkat internasional.”

Dikatakan Herman, bentuk dukungan Pemda Garut dalam hal ini adalah sarana dan prasarana. Koneksi internet adalah hal utama dalam keberlangsungan program yang disebutkan diatas. Selain itu, pihaknya juga akan mengupayakan penyedian tempat dan juga birokrasi dan perijinan dengan dinas terkait sesuai dengan program yang dijalankan.

“Kami berkomitmen untuk menyediakan infrastruktur esports yang memadai di Jawa Barat. Dengan adanya pusat-pusat esports yang lengkap, diharapkan dapat menumbuhkan lebih banyak bakat dalam industri game dan menciptakan lapangan kerja baru di daerah ini.”

Sementara itu, CEO R9 Esports Indonesia, Lisa Tjeadi, mengapresiasi dan menyambut baik dukungan Pemerintah Kabupaten Garut. Menurutnya, pembinaan dan pengembangan industri esports tidak bisa berjalan sendiri, harus ada upaya kerjasama dari berbagai pihak, termasuk pemerintahan.

“Dengan tagline #beyondesports #beyondculture, kami peduli dengan generasi muda di daerah supaya tidak kehilangan identitas kedaerahnnya. Dukungan dari pemerintah akan sangat membantu kami dalam upaya menyongsong generasi emas 2045,” ujarnya.